Google membuat aplikasi Android lebih pribadi

 



Rencana Google untuk membatasi pelacakan data pada browser Chrome telah diperluas untuk mencakup aplikasi pada smartphone berbasis Android.

Apa yang disebut proyek Privacy Sandbox bertujuan untuk mengekang jumlah data pengguna yang dapat dikumpulkan pengiklan.

Saingan Apple sekarang memaksa pengembang aplikasi untuk meminta izin dari pengguna sebelum melacak mereka.

Berita itu akan menjadi pukulan bagi perusahaan seperti Meta, yang mengandalkan menempatkan kode mereka di aplikasi untuk melacak perilaku konsumen.

Meta mengatakan bulan ini bahwa perubahan Apple akan menelan biaya $ 10 miliar (£ 7,3 miliar) tahun ini. Sistem operasi Google Android digunakan oleh sekitar 85% pemilik smartphone di seluruh dunia.

Tidak ada detail

Cookie pihak ketiga, yang menggunakan riwayat penjelajahan orang untuk menargetkan iklan, akan dihapus secara bertahap di browser Google Chrome pada tahun 2023.

Dalam sebuah blog, Google mengatakan sekarang memperluas apa yang disebutnya Privacy Sandbox ke aplikasi Android, dan mengerjakan solusi yang akan membatasi berbagi data pengguna dan "beroperasi tanpa pengidentifikasi lintas aplikasi, termasuk ID iklan".

Pengidentifikasi ini terkait dengan ponsel cerdas dan digunakan oleh aplikasi untuk mengumpulkan informasi. Google mengatakan bahwa mereka akan tetap di tempatnya selama setidaknya dua tahun, sementara bekerja "dengan industri" pada sistem baru.

"Kami juga mengeksplorasi teknologi yang mengurangi potensi pengumpulan data rahasia, termasuk cara yang lebih aman bagi aplikasi untuk berintegrasi dengan SDK iklan (perangkat pengembang perangkat lunak)," tambahnya.

Raksasa teknologi itu tidak merinci bagaimana rencananya untuk melakukan ini.

Apple memutuskan pada bulan April tahun lalu bahwa pengembang aplikasi harus secara eksplisit meminta izin dari pengguna untuk menggunakan IDFA (Identifier for Advertisers). Data dari perusahaan periklanan Flurry Analytics, dan diterbitkan oleh Apple, menunjukkan bahwa pengguna AS memilih untuk memilih keluar dari pelacakan 96% dari waktu.

Blog Google tidak menyebutkan nama Apple, tetapi merujuk pada "platform lain" yang dikatakan "telah mengambil pendekatan berbeda terhadap privasi iklan, dengan tegas membatasi teknologi yang ada yang digunakan oleh pengembang dan pengiklan".

"Kami percaya bahwa - tanpa terlebih dahulu menyediakan jalur alternatif yang menjaga privasi - pendekatan semacam itu bisa tidak efektif," tambahnya.

Google, tidak seperti Apple, bergantung pada pendapatan iklan.

Upaya Google untuk membuat alternatif untuk cookie pihak ketiga di browser Chrome-nya tidak sepenuhnya berjalan mulus.

Proposal pertamanya -sebuah sistem yang disebut Federated Learning of Cohorts (Floc) - tidak disukai oleh juru kampanye privasi dan pengiklan. 

Floc bertujuan untuk menyamarkan identitas individu pengguna dengan menetapkan mereka ke grup dengan riwayat penelusuran yang serupa.

Penawaran waktu nyata

Penggantinya, Topics, diumumkan baru-baru ini dan bertujuan untuk mengelompokkan pengguna dalam kelompok topik yang dipilih dari sekitar 350 kategori seperti kebugaran atau perjalanan. Saat seseorang mengunjungi situs web, Topik akan menampilkan situs dan mitra iklannya tiga minat mereka dari tiga minggu sebelumnya.

Otoritas Pasar Kompetisi telah meneliti transisi Google ke sistem yang lebih berfokus pada privasi dan mengatakan rencananya untuk memperluasnya ke aplikasi Android: "Kami akan terus memantau ini dengan cermat dan terlibat dengan Google mengenai sifat dan detail proposalnya."

Aplikasi rata-rata mencakup setidaknya enam pelacak pihak ketiga yang ada hanya untuk mengumpulkan dan berbagi data online, menurut laporan yang ditugaskan oleh Apple tahun lalu.

Dan salah satu pialang data diperkirakan memiliki data hingga 700 juta konsumen, menurut firma riset Cracked Lab.

Regulator, seperti Kantor Komisaris Informasi Inggris, sedang menyelidiki ekosistem periklanan, terutama cara iklan dijual - dikenal sebagai penawaran waktu nyata - yang secara otomatis menempatkan miliaran iklan online di halaman web dan aplikasi setiap hari.

Previous
Next Post »