Cara Hemat Kuota Internet Agar Paket Data Lebih Tahan Lama

tips hemat kuota internet agar paket data lebih tahan lama

Cara Hemat Kuota Internet Agar Paket Data Lebih Tahan Lama
- Penggunaan gadget dalam berbagai aktivitas sudah menjadi kebutuhan. Aplikasi chatting, e-mail, hingga platform hiburan seperti Spotify, Instagram, dan YouTube kerap menemani aktivitas sehari-hari dan tentunya tidak lepas dari kebutuhan paket data atau kuota. Kuota atau paket data adalah pembatasan penggunaan internet dalam jangka waktu tertentu.

Cara Menghemat Kuota Internet

Ada banyak hal yang membuat kuota internet kamu cepat habis. Salah satunya adalah kebiasaan menggunakan gadget yang tidak diperhatikan. Tanpa disadari, hal ini dapat menguras kuota internet rumah Kamu dan bahkan menyebabkan pengeluaran bulanan Kamu turun. Agar kamu bisa lebih hemat dalam penggunaan paket data hingga akhir bulan, simak Cara Hemat Kuota Internet di bawah ini ya.

Matikan Lokasi Saat Tidak Dibutuhkan

Cara menghemat kuota internet rumah yang pertama adalah dengan mematikan fitur lokasi di perangkat saat tidak diperlukan. Apakah Kamu tahu? Fitur lokasi di beberapa aplikasi yang biasa kita gunakan tidak hanya menyebabkan baterai perangkat cepat habis, tetapi juga menyedot kuota yang cukup banyak untuk mengirim dan mendownload data. Agar penggunaan kuota tetap efisien, Kamu dapat memilih opsi untuk mengaktifkan fitur lokasi hanya saat aplikasi sedang digunakan.

Tutup Tab Platform Video Saat Tidak Menonton

Menonton video melalui platform seperti YouTube atau jenis lainnya memang menyenangkan. Namun, jika tidak dilakukan dengan bijak, risiko kuota internet rumah Kamu akan cepat habis. Saat menonton video dengan kualitas SD (480p) misalnya, Kamu bisa menghabiskan sekitar 300 MB per jam, sedangkan untuk HD (720p) sekitar 700 MB per jam, sedangkan untuk kualitas terbaik Full HD (1080p) bisa menghabiskan hingga 3 GB data per jam.

Untuk menghemat data internet sebaiknya turunkan kualitas videonya  jika tidak terlalu dibutuhkan, dan juga jangan lupa tutup tab platform saat kamu tidak menonton karena proses download data terus berlanjut.

Jangan Aktifkan Fitur Auto Download Pada Aplikasi Chat Atau Email

Cara hemat data internet lainnya yang bisa Kamu terapkan adalah dengan mematikan fitur auto download di aplikasi chat atau email. Memang, mengunduh file, gambar, GIF, atau video terlampir secara manual seringkali merepotkan. Namun, dengan menonaktifkan fitur ini Kamu dapat menghemat setidaknya sekitar 1 GB dalam sebulan. Cukup bagus, bukan?

Nonaktifkan Fitur Pembaruan Otomatis Aplikasi

Sama seperti poin sebelumnya, menonaktifkan fitur auto update aplikasi di smartphone dan laptop juga bisa menghemat kuota yang cukup banyak. Cara agar kuota internet rumah tidak boros, yang satu ini sering diabaikan, padahal dampaknya cukup besar. Misalnya, satu aplikasi yang diperbarui secara otomatis berukuran 30 MB. 

Namun auto update di perangkat Kamu langsung mengupdate 5 aplikasi sekaligus dengan ukuran yang hampir sama, sehingga bisa dikatakan sekitar 150 MB kuota data Kamu sudah tersedot. Oleh karena itu, lebih baik memperbarui secara manual dan sesuai kebutuhan untuk menghindari penggunaan paket data yang besar saat memperbarui aplikasi tanpa sepengetahuan Kamu.

Atur Penggunaan Internet dan Periksa Penggunaan Internet Di Rumah

Tips hemat data internet rumahan yang terakhir adalah mengatur penggunaannya. Pilih penyedia internet rumahan terbaik yang memberi Kamu kebebasan untuk mengatur kebutuhan kuota internet bulanan Kamu. 

Seperti halnya modem internet rumah Telkomsel Orbit yang memberikan Kamu kebebasan dan kemudahan untuk mengontrol penggunaan internet di setiap perangkat yang terhubung dan dapat mengecek penggunaan kuota bulanan Kamu secara detail. Hebatnya, semuanya dilakukan hanya melalui layar smartphone.

Demikianlah artikel ini tentang, Cara Hemat Kuota Internet Agar Paket Data Lebih Tahan Lama. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »