6 Tips Berbelanja Online Supaya Terhindar dari Penipuan

6 Tips belanja online supaya terhindar dari penipuan

Belanja online
memudahkan orang untuk membeli apapun. Berbagai kebutuhan dapat kita beli sesuai keinginan. Selain itu harga yang ditawarkan oleh toko online lebih murah ketimbang toko offline.

Sayangnya belanja online juga merupakan peluang untuk melakukan tindakan penipuan. Karena itu anda harus ekstra hati-hati saat berbelanja online.

Pada kesempatan yang baik ini ingin sekali saya membagikan informasi seputar beberapa tips belanja online untuk menghemat uang dan menghindari penipuan.

1. Berbelanja di Marketplace Terpercaya

Jika Anda ingin belanja dengan aman, Anda perlu berbelanja di Marketplace. Dengan membeli barang di Marketplace, anda terhindar dari penipuan yang biasa kita kenal Ripper. Selain itu Marketplace biasanya memberikan opsi kompensasi. Marketplace yang saya rekomendasikan adalah Tokopedia, Shopee. Mengingat kedua pasar tersebut dapat diandalkan, berbagai produk tersedia dengan pembayaran yang berbeda-beda.

2. Pilih Toko dengan Rating Tinggi

Sekalipun Anda berbelanja di Marketplace, tidak ada jaminan bahwa produk yang Anda beli akan sesuai dengan yang tertera pada gambar produk. Terkadang ada penjual yang tidak bertanggung jawab membuat kasus penipuan seperti itu. Karena itulah sebelum memutuskan untuk membeli produk dari toko sebaiknya lihat dulu rating toko dari produk yang ingin Anda beli. Beli dari toko dengan rating produk 4.7+ dan rating toko 4.8+.

3. Lihat review produk

Selain melihat rating, jangan lupa lihat review atau ulasan. Karena banyak orang di review biasanya mengeluh tentang produk yang dijual. Saya tidak tahu apakah itu dikirim secara tidak sengaja atau karena cacat. Dari ulasan tersebut Anda juga bisa mengetahui apakah pemilik toko tersebut melakukan penipuan atau tidak. Karena ada pembeli yang sudah review. Lihat ulasan dari orang-orang yang memberi rating bintang 1 dan 2.

4. Bandingkan Harga

Barang merupakan faktor utama dalam keaslian produk. Produk yang sebenarnya harus menawarkan harga yang sepadan dengan kualitas yang ditawarkan. Sedangkan barang palsu cenderung menurunkan harga. Jadi jangan tergiur dengan harga murah. Karena bisa jadi produk yang dijual adalah produk palsu. Ini sangat penting untuk menghindari penipuan online.

5. Gunakan Rekber atau COD

Jika Anda ingin membeli produk di luar Marketplace sebaiknya anda harus berhati-hati. Karena pembelian langsung seperti WA, Instagram dan Facebook rentan terhadap penipuan. Untuk menghindarinya Anda bisa menggunakan layanan akun (joint account) saat berbelanja. Pilihan lainnya adalah menggunakan sistem Cash On Delivery atau COD. Dengan cara ini aktivitas membeli menjadi lebih aman

6. Cek Rekening Penjual

Hal lain yang harus dilakukan saat berbelanja di luar Marketplace adalah memeriksa rekening penjual terlebih dahulu. anda bisa menelusuri Cekrekening.id. Di sana, Anda akan melihat apakah rekening penjual dilaporkan untuk kasus penipuan atau tidak. Jika rekening dijamin aman. Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan kesepakatan. Ya selain dari rekening bank, Anda juga dapat memeriksa akun e-wallet yang digunakan.

Berikut adalah beberapa tips untuk belanja online untuk menghemat uang dan menghindari penipuan. Ada baiknya untuk berhati-hati saat berbelanja online terutama saat berbelanja di luar Marketplace. Baik untuk menemukan toko termurah atau untuk menemukan toko yang benar-benar dapat diandalkan.

Previous
Next Post »