8 Aplikasi Investasi Saham Terbaik dan Terdaftar di OJK

Aplikasi investasi saham belakangan ini sudah menjadi hasrat baru diantara banyak orang, terutama bagi generasi milenial. Apalagi, banyak orang yang sudah termotivasi dari investor saham yang sudah sukses karena sudah melakukan investasi saham dengan baik. Menurut data pengawasan pasar modal OJK, jumlah investor pasar modal di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup besar yakni hingga 42% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sebelum melakukan investasi, tentunya anda diharuskan menggunakan sebuah aplikasi investasi saham untuk membeli maupun menjual saham. Akhir-akhir ini juga sudah ada banyak sekali aplikasi investasi saham yang bermunculan di Google Play Store dan tentunya sudah terdaftar di OJK, dari semua aplikasi tersebut juga ada beberapa yang sangat cocok untuk pemula bahkan dengan modal yang cukup kecil anda sudah bisa membeli saham.

8 Aplikasi Investasi Saham Terbaik Untuk Pemula

Dengan melakukan investasi saham tentunya investor akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan modal yang ditanam apabila saham yang dibeli mengalami kenaikan harga atau yang biasa disebut dengan “Pump”. Begitu pula sebaliknya, apabila harga dari saham yang dibeli mengalami penurunan harga yang tidak wajar atau yang biasa disebut dengan “Dump”. Maka, investor akan mengalami kerugian.

Berikut ini, InspectDroid sudah merangkum beberapa rekomendasi aplikasi investasi saham terbaik untuk pemula yang sudah terdaftar di OJK. Dari semua aplikasi yang sudah diberikan dibawah ini tentunya sudah bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store secara gratis.

1. Ajaib – Cara Cerdas Investasi Saham & Reksa Dana

Ajaib merupakan aplikasi besutan dari Ajaib Technologies yang berada dibawah naungan dari PT Ajaib Sekuritas Asia dan juga PT Takjub Teknologi Indonesia. Aplikasi Ajaib ini juga sudah memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan investasi karena aplikasi ini sudah memberikan panduan dari awal mengenai cara investasi saham melalui aplikasi ini. Selain itu, minimal investasi dari aplikasi Ajaib juga cukup kecil yakni hanya Rp 10.000 saja.

Selain investasi Saham, Anda juga dapat melakukan investasi Reksa Dana seperti Reksa Dana Saham, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Pasar Uang, dan Reksa Dana Campuan. Masing-masing dari jenis Reksa Dana tersebut anda bisa melakukan investasi yang tidak begitu besar yakni mulai dari Rp 10.000 yang dimana sangat membantu investor pemula yang memiliki modal yang cukup kecil.

Menariknya lagi dari aplikasi Ajaib adalah tersedianya fitur untuk melihat grafik “Candle Stick” yang dimana pengguna bisa menganalisa dimana saatnya membeli dan dimana saatnya menjual saham tersebut, serta adanya notifikasi terupdate mengenai harga yang sedang mengalami penurunan dan kenaikan harga pada suatu Saham dan Reksa Dana.

Tak sampai disitu saja, aplikasi Ajaib juga memberikan reward kepada pengguna baru apabila menggunakan Kode: mahe904 untuk mendapatkan 1 Lot Saham yang dimana pengguna bisa mendapatkan hadiah 1 Lot Saham BBCA yang dimana harganya hingga 3 Juta!

2. Bibit – Investasi Reksadana Otomatis

Bibit merupakan salah satu aplikasi yang berada dibawah naungan dari PT Bibit Tumbuh Bersama yang sudah terdaftar di OJK serta memberikan kemudahan bagi penggunanya dikarenakan aplikasi ini sudah melakukan seleksi pada saat pendaftaran calon investornya seperti dari resiko, profil, usia, resiko, dan target pengguna dalam melakukan investasi sebagai investor pemula.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga sudah support dengan e-Wallet seperti GoPay untuk melakukan investasi. Minimal dari investasi yang diberikan dari aplikasi Bibit juga tergolong kecil yakni Rp 10.000 yang dimana sama halnya seperti aplikasi Ajaib. Untuk melakukan pendaftaran, pengguna diharuskan memiliki KTP maupun SIM terlebih dahulu untuk proses pendaftaran di aplikasi Bibit.

Pilihan Reksadana yang diberikan oleh aplikasi ini juga cukup banyak yakni reksadana pasar uang, obligasi, campuran, hingga saham syariah. Apabila anda seorang pemula yang tidak ingin mengalami kerugian yang besar alangkah baiknya berinvestasi pada reksadana pasar uang ataupun obligasi.

Menariknya lagi dari aplikasi ini adalah aplikasi Bibit memberikan Cashback kepada penggunanya sebesar Rp 25.000 dengan menggunakan Kode Kupon: bibitcashb4ck, apabila tidak menggunakan kode kupon tersebut, dapat dipastikan pengguna tidak akan mendapatkan cashback.

3. Bareksa – Investasi Reksadana & SBN Online

Bareksa adalah salah satu aplikasi besutan dari Bareksa Portal Investasi yang juga sudah terdaftar di OJK. Produk investasi yang diberikan dari aplikasi Bareksa juga cukup beragam diantaranya adalah Reksa dana, Surat Nilai Negara (SBN), emas, hingga umrah. Sebelum melakukan pembelian suatu produk untuk diinvestasikan, aplikasi ini juga sudah dapat memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai keuntungan maupun kerugian yang nantinya pengguna dapatkan.

Untuk melakukan pendaftaran melalui aplikasi Bareksa ini pengguna diharuskan untuk memiliki KTP dan juga No Rek Bank terlebih dahulu dan menunggu hingga 1x24 jam untuk memastikan apakah akun pengguna sudah berhasil terverifikasi atau belum. Metode pembayaran yang diberikan dari Bareksa juga tergolong sangat lengkap seperti OVO, LinkAja, hingga Transfer Virtual Account.

Aplikasi yang dirilis pada 6 Februari 2018 ini sudah diunduh sebanyak 500 ribu unduhan lebih dan juga sudah mendapatkan rating yang cukup baik yakni 4,6 bintang dari 16 ribu ulasan. Jika anda masih belum paham mengenai cara kerjanya, maka anda bisa bergabung dengan komunitas Bareksa yang bisa ditemukan di forum-forum maupun media sosial.

4. RTI Business

Aplikasi besutan dari RTI Infokom ini adalah salah satu aplikasi yang sangat popular dan terbaik oleh banyak kalangan investor sukses. Hal ini dikarenakan, aplikasi ini menyediakan berbagai informasi yang sangat lengkap mengenai pasar modal seperti charts, price quotes, data finansial, analisis, update informasi mengenai keputusan perusahaan, hingga berita pasar saham dan modal. Tak sampai disitu saja, pengguna juga dapat melihat kinerja perusahaan dalam jangka waktu 5 tahun terakhir melalui income statement, cash flow, profitability, balance sheet, growth dan juga earning.

Menariknya dari aplikasi ini adalah memiliki IDX Virtual Online yang dimana memudahkan pengguna untuk belajar trading saham online di aplikasi investasi saham melalui aplikasi RT Business ini. Bahkan, aplikasi ini juga sudah diunduh sebanyak 1 juta unduhan lebih dan berhasil mendapatkan rating yang sangat baik yakni 4,7 bintang dari 17 ribu ulasan pengguna aktif.

5. Stockbit – Investasi Saham Online

Stockbit adalah salah satu apliaksi investasi saham online yang juga begitu popular di kalangan masyarakat Indonesia khususnya Investor Sukses, aplikasi yang berada dibawah naungan PT Sinarmas Sekuritas yang sudah menjadi startup di bidang Saham. Menariknya lagi dari aplikasi ini yaitu dengan adanya komunitas saham online yang cukup besar sehingga pengguna dapat berdiskusi mengenai saham dalam aplikasi ini.

Keunggulan yang dimiliki dari aplikasi ini adalah pengguna dapat melakukan jual beli saham secara langsung didalam aplikasi Stockbit ini serta keamanan pengguna juga sudah sangat terjamin dengan adanya fitur Touch ID. Tak hanya itu, aplikasi ini juga memberikan fitur lainnya yakni virtual trading dan simulasi trading saham online dengan pergerakan data real time di bursa saham Indonesia.

Dilihat dari Google Play Store, aplikasi Stockbit sudah diunduh sebanyak 1 juta unduhan lebih dan sudah mendapatkan rating yang cukup baik yakni 4,3 bintang dari 18 ribu ulasan pengguna aktif. Menariknya dari aplikasi ini adalah adanya fitur Stockbit Academy yang dimana pengguna untuk belajar saham dari 0 hingga sukses.

6. Tanamduit – Investasi & Asuransi

Tanamduit adalah salah satu aplikasi investasi saham terbaik yang berada dibawah naungan dari PT Star Mercato Capitale yang menyediakan beberapa produk untuk diinvestasikan seperti Reksadana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan juga dapat membeli asuransi dalam satu aplikasi. Aplikasi ini juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor lisensi KEP-13/PM.21/2017.

Sama halnya seperti aplikasi lainnya, aplikasi Tanamduit juga memberikan minimal investasi yang sangat kecil yakni mulai dari Rp 10.000 dan juga sudah kompatibel dengan beberapa e-Wallet seperti Gopay, Dana, OVO, LinkAja, dan ShopeePay. Tentu, hal itu akan memudahkan pengguna apabila belum memiliki rekening.

Apabila dilihat dari Google Play Store, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 100 ribu unduhan lebih dan mendapatkan rating yang cukup baik yakni 4,0 bintang dari 2 ribu ulasan pengguna aktif. Meski aplikasi ini belum begitu popular, akan tetapi aplikasi ini juga sudah sangat aman untuk digunakan dan memiliki beragam fitur yang sangat menarik.

7. IPOT – Investing, News, Education, Financial Plan

Aplikasi investasi saham terbaik untuk pemula selanjutnya adalah IPOT yang berada dibawah naungan PT Indo Premier Sekuritas yang menyediakan pilihan instrument untuk investasi seperti reksadana, saham, ETF dengan karakteristik dukungan yang sangat lengkap. Selain itu, apabila anda masih belum paham mengenai investasi saham, maka anda akan diajarkan mulai dari 0 dari aplikasi IPOT ini, materi yang diberikan juga sangat lengkap dan disajikan dalam bentuk tulisan, video, dan podcast.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur Charting yang dimana sangat membantu pengguna dalam melakukan analisa dalam memantau harga pasar untuk dibeli maupun dijual. Aplikasi IPOT ini juga sudah diunduh sebanyak 1 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang baik yakni 3,7 bintang dari 37 ribu ulasan pengguna aktif.

8. Pluang – Investasi Crypto, Reksadana, Saham, Emas

Pluang adalah salah satu aplikasi investasi emas terbaik dan terpopuler yang berada dibawah naungan PT Bumi Santosa Cemerlang dan juga berafiliasi dengan PT PG Berjangka untuk menghadirkan layanan investasi emas dan juga S&P 500 Index Futures. Berafiliasi dengan PT Sarana Santosa Sejati (Pluang Grow) untuk menghadirkan layanan investasi Reksa Dana, dan berafiliasi dengan PT Aset Digital Berkat (Tokocrypto) untuk menghadirkan layanan investasi cryptocurrency.

Aplikasi ini juga memberikan minimal investasi yang sangat kecil yakni Rp 10.000 untuk investasi emas, minimal Rp 500.000 untuk investasi S&P 500, dan untuk minimal investasi crypto berbeda-beda, ada yang minimal investasinya Rp 10.000 dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan saldo mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 1.000.000 secara gratis, maka gunakan Kode: IPUT393426.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi investasi saham yang admin rekomendasikan untuk anda, tentunya dari semua aplikasi diatas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk itu, silahkan untuk mencari tahu informasi selengkapnya melalui situs resmi dari masing-masing aplikasi tersebut. Apabila anda seorang pemula, maka InspectDroid merekomendasikan Ajaib, Pluang, dan juga Bibit.

Previous
Next Post »